Kembangkan Keamanan Siber Di Indonesia, Rusia Siap Berikan Bantuan!

Kembangkan Keamanan Siber Di Indonesia, Rusia Siap Berikan Bantuan!

 

Indonesia Cyber Security – Dunia saat ini tengah dilanda krisis ancaman serangan siber, tak terkecuali bagi negara Indonesia. untuk itu perlu adanya peningkatan keamanan siber untuk dapat menjaga kedaulatan Indonesia.

Melihat adanya potensi ancaman tersebut, Pemerintah Indonesia pun mulai gencar  mencanangkan peningkatan keamanan di dunia maya melalui kementerian komunikasi dan informatika (Kemenkominfo). Dan melihat langkah Pemerintah Indonesia yang begitu gencar dengan pengamanan siber tersebut, maka Rusia pun menawarkan diri untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam hal pengembangan sistem pengamanan, sistem komunikasi, dan juga sistem big data (maha data).

Hal ini juga diutarakan oleh Direktur Asosiasi Ekspor Teknologi Keamanan Tinggi Rusia, Andrey Bezrukov, yang dalam beberapa kesempatan mengatakan bahwa Rusia dengan senang hati akan membantu Indonesia demi menciptakan stabilitas dan keamanan di dunia maya.

Lebih lanjut Bezrukov juga mengatakan bahwa Rusia bisa dijadikan contoh bagi Indonesia. Karena menurutnya, Rusia selama ini telah berhasil membangun sekaligus menjaga sistem keamanan bagi negaranya secara mandiri.

Berdasarkan pengalaman tersebutlah maka Rusia bersedia menawarkan diri kepada Indonesia untuk mencapai hal yang serupa.

“Kami selalu membangun sistem keamanan secara mandiri, sehingga kami bisa menciptakan solusi orisinal. Yang ingin kami ajukan ke Indonesia adalah beberapa kerja sama antara lain kerja sama pengembangan sistem siber, sistem komunikasi, dan sistem mahadata (big data),” ungkap  Bezrukov

Selain itu, Bezrukov juga mengatakan bahwa, ini bisa menjadi langkah baru bagi kerja sama Rusia – Indonesia yang sudah terjalin sejak lama, dan akan mencoba menjajaki bidang riset serta teknologi. Pihak Rusia menginginkan adanya pembangunan pusat riset bagi ilmuwan dari kedua negara.

“Kami ingin mendirikan pusat riset yang mungkin akan berbasis di kampus-kampus terbaik di Indonesia, atau dari perusahaan-perusahaan. Tujuan utamanya adalah agar Indonesia bisa independen dalam hal keamanan siber,” tambahnya.

Sebagai informasi, Rusia telah banyak dinobatkan sebagai salah satu negara yang memiliki sistem keamanan siber terbaik di dunia. Bahkan sistem teknologi tersebut telah berhasil  menjangkau cakupan yang sangat luas. Rusia juga bisa dijadikan sebagai contoh tentang bagaimana teknologi siber dan teknologi IT dapat berkembang di suatu negara.

Dan untuk mendukung terciptanya keamanan siber yang tepat bagi Indonesia, maka diadakan sebuah event tahunan terbesar Cyber Security Indonesia 2017  yang akan diadakan pada tanggal 06- 07 Desember 2017, di Jakarta Convention Center.

Dalam event Indonesia Cyber Security Summit terbesar ini, akan dihadiri dari berbagai pebisnis, pakar IT, investor lokal maupun asing, dan masih banyak lainnya, untuk saling mendapatkan peluang kerja sama terbaik bagi keamanan siber di Indonesia. Dan tentunya, akan dihadiri oleh lebih dari 40 negara di dunia termasuk, Rusia.

Jadi bagi Anda yang berminat untuk menghadiri event tersebut, silahkan langsung mengunjungi www.cybersecurityindo.com untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut mengenai acara ini.