Bagi Ibu Bolehkah Minum Kopi Ketika Hamil ?

Cara Cepat Hamil

Cara Cepat Hamil – Bagi penggemar kopi, hari tak akan komplit tanpa menyeruput minuman berwarna hitam itu. Nggak heran dikala yang bersangkutan hamil jadi bertanya-tanya boleh nggak ya minum kopi dikala hamil.

Kata dr Benny, minum kopi dikala hamil tak dilarang, melainkan ada batasannya ialah 1-2 cangkir kopi . Kopi sebetulnya punya efek bagus sebab dapat membikin aliran darah jadi lebih bagus. Jangan hingga berlebihan ya, Bun, soalnya dapat mengganggu absorbsi kalsium pada ibu hamil.

“Ini sebetulnya sama seperti teh, ada kafenina, kafein yang lebih kecil dari kopi. Minumnya perlu diberi batasan,” sambung dokter yang berpraktik di Brawijaya Hospital dan RS Asih ini.

Sebelumnya dalam sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Obesity diceritakan si kecil yang lahir dari ibu hamil yang hobi mengkonsumsi kafein, 89 persen lebih cenderung mengalami kegemukan, dibanding si kecil yang ibunya tak mengkonsumsi kafein. Sedangkan memang belum dapat dikatakan kopi merupakan satu-satunya penyebab si kecil berisiko obesitas di kemudian hari ya, Bun.

Baca juga: Obat Penyubur Kandungan

Kecuali itu, penelitian pada 60 ribu ibu hamil di Norwegia selama 10 tahun menyebut konsumsi kopi berlebihan dikala hamil berisiko memicu kelahiran bayi dengan berat badan terlalu rendah. Hasil perbandingan memperlihatkan konsumsi kopi dengan kandungan kafein 200-300 mg berisiko menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang digolongankan kecil.

Kecuali itu konsumsi kopi yang berlebihan juga ditengarai dapat membikin umur kehamilan 62 persen ibu jadi lebih panjang. Meski sebelumnya ada penelitian yang mengatakan konsumsi kopi justru dapat memicu kelahiran prematur.

 

Kopi memang cairan yang mungkin dapat memenuhi keperluan caian ibu hamil, melainkan nggak dapat jadi andalan juga, Bun. Soalnya kopi juga bersifat diuretik. Nah, keperluan cairan ibu hamil paling bagus dipenuhi dari air putih.