Industri Pompa Air Jadi Keperluan Nasional

pompa air

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi kepada daya kerja industri pompa air nasional yang menghasilkan Indonesia sebagai basis produksi untuk memenuhi keperluan pasar dalam negeri dan ekspor.

Kecuali itu, industri ini juga kapabel mengasah tingkat bagian lokal dengan menggandeng industri kecil dan menengah (IKM) dalam negeri.

“Daya hal yang demikian sudah berperan serta dalam membangun dan mengoptimalkan produk pompa air,” kata Sekjen Kemenperin Syarif Hidayat.

Semenjak beroperasi tahun 1988, industri elektronika rumah tangga menjadi satu-satunya pabrik pompa air Panasonic di dunia.

Dengan capaian kapasitas produksinya yang menembus 25 juta set, Syarif mengakui, perusahaan ini ikut serta berkontribusi pada kehidupan masyarakat Indonesia demi keperluan infrastuktur penyaluran air.

Di samping itu, Sekjen mempersembahkan, perusahaan asal Jepang ini sudah menjalankan upaya penumbuhan klaster IKM bagian pompa air di dalam negeri.

Salah satunya yang diajak kerja sama merupakan IKM pengecoran logam di Ceper, Jawa Tengah yang memproduksi rumah pompa air jet pump untuk PT. Panasonic Manufacturing Indonesia.

“Karenanya itu, kami juga senantiasa mengimbau terhadap industri-industri lain untuk terus menambah tingkat bagian lokal untuk produk-produknya, sehingga industri bagian dalam negeri terus tumbuh dan kian memperkuat struktur industri nasional,” paparnya.

Dengan capaian daya kerja hal yang demikian, kata Syarif, memperlihatkan janji yang kuat atas kepercayaannya kepada Indonesia sebagai negara alternatif ideal untuk berinvestasi.

“Upaya penumbuhan industri nasional tak bisa berjalan sekiranya cuma dilaksanakan oleh pemerintah saja, tetapi juga perlu dukungan dari pelaku usaha,” tegasnya.

 

Baca Juga : Gerinda Tangan