Satoshi Nakamoto Pendiri Bitcoin, Benarkah ?

satoshi nakamoto

Ico News – Nama Satoshi Nakamoto selama ini terkesan misterius. Tak ada yang tahu siapa sebetulnya dirinya. Tetapi, harian Newsweekpada Kamis mengklaim bahwa pihaknya sudah berjumpa lantas dengan Satoshi Nakamoto, pendiri Bitcoin hal yang demikian. Sebelumnya, di tengah kelompok sosial Bitcoin, banyak yang mengatakan bahwa nama Satoshi Nakamoto ialah nama samaran. Ada pula yang mengatakan bahwa Satoshi Nakamoto ialah nama sebuah kategori, yang artinya terdapat lebih dari satu orang. Tetapi, dalam laporan yang berjudul “The Face Behind Bitcoin” yang diterbitkan Newsweek, Satoshi Nakamoto disebut sebagai nama absah seorang keturunan Jepang berkewarganegaraan Amerika Serikat yang ketika ini berumur 64 tahun dan tinggal di California.

Jurnalis Newsweek, Leah McGrath Goodman, yang membikin laporan hal yang demikian, mengaku sudah menjalankan riset dengan mewawancarai para developer yang berprofesi bersama Nakamoto pada masa-masa permulaan dibentuknya Bitcoin. Kecuali itu, Goodman juga mengaku sudah menjalankan riset kependudukan, analis forensik, dan malahan berdiskusi dengan keluarga Nakamoto lantas.

Walau pada mulanya keluarga Nakamoto tak percaya, deskripsi dan cerita Goodman pantas dengan karakter Satoshi Nakamoto yang dimaksud, yakni pendiri Bitcoin. Nakamoto diketahui sebagai sosok yang piawai dan nampaknya mempunyai keahlian yang pantas sebagai pakar kriptografi. Dia ialah seorang sarjana Fisika tamatan Califronia State Polythecnic University. Dia juga dikenal berprofesi di bidang keamanan dan komunikasi untuk institusi Federal Aviation Administration (FAA). Nakamoto sendiri memilih untuk bungkam dan berusaha melarikan diri ketika mengenal ada jurnalis yang berkeinginan mewawancarainya. Terhadap Goodman, Nakamoto cuma berujar, “Aku tidak lagi terlibat di dalamnya (Bitcoin), dan aku tidak berkeinginan membahasnya.”

Sekarang, laporan dari Newsweek hal yang demikian menuai banyak kontroversi, terlebih di dalam kelompok sosial Bitcoin sendiri, terpenting ketika foto Nakamoto, rumah, dan domisilinya dipublikasikan Newsweek (baru-baru ini diwariskan). Publikasi hal yang demikian dianggap melanggar privasi Nakamoto. Satoshi Nakamoto yang dijumpai Newsweek memang belum dipastikan sepenuhnya sebagai pendiri Bitcoin, walau pertanda-pertanda yang dibongkar kuat mengarah ke sana. Dikutip dari BBC, kelompok sosial Bitcoin juga mempertanyakan sistem yang diaplikasikan Newsweek dalam melacak identitas Nakamoto.

 

Sumber : Coin Daily