Cylinder Bore Gauge

Hasil gambar untuk Cylinder Bore Gauge

Kompresor Swan – Cylinder bore gauge termasuk dalam variasi alat ukur yang memakai jam ukur (dial gauge). Dalam penilaian bagian-bagian otomotif, alat ini umumnya diaplikasikan untuk mengevaluasi diameter silinder dan bagian lain secara teliti. Diameter tempat penilaian yang bisa dijangkau oleh cylinder bore gauge berkisar antara 50 mm hingga dengan 300 mm.

Seperti menonjol pada gambar di atas konstruksi alat ini terdiri dari sebuah jam ukur dan pada ujung lain terdapar runcing pengukur (measuring point). Adapun bagian lain yaitu cincin substitusi (replacement washer) dan batang substitusi (replacement rod). Kedua kompenen ini bagus cincin substitusi ataupun batang substitusi tealah mempunyai spesifikasi ukuran tertentu. Oleh karana itu, kejelian dalam memilih spesifikasi ukuran kedua bagian ini benar-benar menolong dan memudahkan kita dalam mengerjakan penilaian itu sendiri.

Model pengaplikasian cylinder bore gauge yaitu dalam penilaian diameter silinder. Langkah pertama yang wajib dilaksanakan yaitu mengevaluasi diameter silinder dengan bentang sorong (vernier caliper) untuk mengenal ukuran dari silinder dan untuk pemilihan spesifikasi cincin substitusi dan batang substitusi. Berikutnya, lihat angka di belakang koma bentang sorong apakah lebih besar atau lebih kecil dari 0,5 mm. Contohnya sesudah dilaksanakan penilaian hasil akhir penilaiannya dikenal diameter silinder yaitu 52,86 mm, karenanya opsi untuk batang substitusi yaitu spesifikasi 50 mm, padahal cincin substitusi yaitu 3 mm. Apabila hasil penilaian dengan bentang sorong dalam penilaian ini yaitu 52,22 mm karenanya alternative opsi batang substitusi yaitu ukuran 50 mm dan cincin substitusi 2 mm.

Tapi, apabila sesudah pemilihan hasil penilaian pertama dari cincin substitusi 3 mm dan batang substitusi 50 mm, karenanya langkah berikutnya yaitu kalibrasi cylinder bore gauge dengan memakai micrometer luar (outside micrometer). Caranya yaitu micrometer luar diset pada ukuran 52,86 mm. Tempatkan batang substitusi dan runcing pengukur ke dalam micrometer luar hal yang demikian dan dial gauge alat ini diset pada nol ke jarum penunjukannya.

Seperti menonjol pada gambar di atas, cylinder bore gauge dimasukkan ke dalam silinder yang hendak di ukur, gerakkan cylinder bore gauge secara pelan-lahan hingga didapat hasil angka penilaian terkecil. Contohnya didapat angka penilaian terkecil 0,03 mm, hal ini berarti diameter silinder yang dievaluasi hal yang demikian 0,03 lebih kecil dari 52,86 mm.

 

 

Info Lain Tentang : Harga Bor Bosch Di Indonesia