Variasi – Variasi Alat Ukur Sebagai Alat Teknik

alat

1. Alat Ukur Mekanik
Alat ukur mekanik ialah alat ukur yang umumnya diterapkan untuk mengenal ukuran atau dimensi dan situasi jasmani suatu bagian seperti panjang, lebar, tinggi, kerataan, dan sebagainya. Dalam penerapannya pembacaan hasil penilaian dengan alat ukur mekanik bisa seketika dibaca pada skala alat ukurnya atau dengan bantuan alat ukur lain yang mempunyai skala ukur. Adapun alat ukur mekanik diantaranya ialah:

a. Mistar Baja
Mistar baja diterapkan di bengkel untuk panjang, lebar atau tebal suatu benda. Mistar baja juga dapat diterapkan menggantikan straight edge untuk memeriksa kerataan, semisal kerataan kepala silindermotor/kendaraan beroda empat. Permukaan dan komponen sisi rata mistar baja terdapat guratan-guratan sebagai sisi ukur. Untuk ukuran metrik : 1 cm dibagi dalam 10 komponen atau 20 komponen yang sama, sedangkanpada ukuran inchi/ dim, 1 inchi dibagi menjadi 16 atau 32 komponen sehingga berjarak 1/8”, 1/16”, 1/32”. Kecuali mistar baja, di bengkel juga acap kali diterapkan mistar gulung untuk menilai komponen yang cembung, menyudut, cekung dan benda-benda yang panjang dan tidak dapat dinilai dengan mistar baja.

Berita Lain : Mesin Las

b. Straight Edge
Straight edge adalah alat ukur untuk menilai kerataan atau kebengkokan permukaan dari suatu bagian. Format straight edge menonjol seperti mistar baja, namun tak terdapat skala ukuran pada permukaannya serta lebih tebal. Dalam bidang otomotif, straight edge diterapkan semisal untuk menilai kerataan permukaan blok silinder dan kepala silinder sepeda motor atau kendaraan beroda empat. Untuk mengenal kerataan dan keausan dari plat penekan, masukkan feeler gauge ukuran tertentu di antara permukaan plat dan straight edge .
tools 008

c. Kunci Peristiwa
Kunci peristiwa (torgue wrench) diterapkan untuk menilai gaya punter pada baut dan mur supaya menempuh peristiwa kekencangan tertentu. Ragam kunci peristiwa yang ada terdiri atas figur deflecting beam (batang jarum), figur dial indicator, dan figur setting micrometer. Kunci peristiwa figur deflecting beam, menampakkan besar ukuran peristiwa kekencangan oleh sebuah batang penunjuk. Batang oenunjuk akan bergerak dan menunjuk pada skala tertentu seiring dengan besarnya peristiwa pengencangan yang dilaksanakan. Pada figur lain, peristiwa kekencangan yang diharapkan bisa dikuasai dengan sistem menyetel ukuran kekencangan (setting micrometer) pada tangkai kunci peristiwa. Kunci shock dengan ukuran tertentu mengencangkan baut atau mur.

Demikianlah alat teknik yang bisa dijelaskan di artikel ini.