Tips Mengaplikasikan 3 Warna untuk Membedakan Fungsi Setiap Ruang

Tips Mengaplikasikan 3 Warna untuk Membedakan Fungsi Setiap Ruang

interior contractor jakarta – Lazimnya sih orang lebih suka satu warna dalam interior rumah. Bagaimana akibatnya bila ada aplikasi sebagian warna cat dalam satu rumah? Arsitek asal Yunani, Stamatios Giannikis memakai sebagian warna dalam apartemennya. Hunian ini juga diaplikasikan Giannikis sebagai daerah berkumpul organisasinya, Architecture In Residence.

Hunian ini berada di Thessaloniki, Yunani. Apartemen ini berdesain arsitektur Art Deco dan dibangun pada 1937 silam. Apartemen ini mempunyai tiga kamar tidur. Luasnya menempuh 120 m2. Sejumlah fasilitas terdapat dalam hunian ini seperti ruang makan, kamar mandi, ruang penyimpanan, dapur, dan juga dua balkon. Ada balkon yang menghadap ke laut dan satu lagi menghadap ke jalan.

Sejumlah ornamen Art Deco masih dipertahankan seperti di lantai, pintu, dan jendela. Seperti juga denan rinci pada langit-langit. Yang membikin hunian ini terasa berbeda yakni aplikasi cat. Giannikis berani memilih tiga warna yang tegas seperti pink, biru, dan hijau. Pemilihan warna ini untuk membedakan ruang. Warna pink atau merah muda diaplikasikan pada ruangan yang menghadap ke laut.

Warna biru dipakai pada ruangan yang menghadap ke lingkungan sekitar. Sementara warna hijau diaplikasikan pada ruangan seperti dapur, kamar mandi, dan kamar kecil. “Pemakaian warna yang tegas pada apartemen ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyelaraskan dan memperkuat energi dari panorama laut, bukan untuk menghilangkannya,” kata Giannikis terhadap laman arsitektur dan desain Dezeen.

“Hijau diaplikasikan untuk menghasilkan ketenteraman dalam ruang fungsional, biru diaplikasikan untuk mengambil suasana laut ke dalam apartemen dan pink diaplikasikan untuk membingkai birunya Laut Mediterania,” lanjutnya. Hmm, kaprah-kaprah kau ingin memakai hal yang sama? Pastinya suasana hunian kau bakal berubah sesudah aplikasi warna cat yang berbeda.

 

Baca Juga: jasa desain interior