Melonjaknya Harga Aluminium ke Level Tertinggi dalam 6 Tahun Terakhir

Melonjaknya Harga Aluminium ke Level Tertinggi dalam 6 Tahun Terakhir

Harga alumunium di pasar internasional melonjak ke jenjang tertinggi 6 tahun sesudah Amerika Serikat (AS) memberi hukuman pada produsen alumunium terbesar di Rusia, Rusal.

Harga alumunium sempat melonjak ke posisi 2.403 dollar AS per ton sebelum bertahan di jenjang 2.379 dollar AS pada perdagangan di London Metal Exchange, Senin (15/4/2018) waktu setempat. Pada Jumat, (6/4/2018) lalu, Amerika memberi hukuman terhadap sebagian 7 pimpinan oligarki Rusia, 17 pejabat pemerintahan Rusia, dan 12 perusahaan Rusia termasuk Rusal. Pemerintah AS bahkan membekukan aset Rusal.

Baca Juga: harga acp

Sesudah pemberian hukuman hal yang demikian, poin saham Rusal menukik turun pada Senin (17/4/2018). Gulung produsen alumunium terbesar di dunia ini akan berpengaruh cukup besar kepada suplai alumunium di pasar internasional. Secara lagi, Rio Tinto, salah satu perusahaan tambang terbesar di dunia mendeklarasikan akan melaksanakan force majeur kepada sebagian kontrak perusahaannya dengan Rusal.

“Ia utama yang menjadi katalis kepada harga alumunium ialah pemberian hukuman terhadap Rusal yang akan memperketat kompetisi pasar alumunium,” ujar ETF Securities Analyst Nitesh Shah, dikutip via CNBC, Selasa (17/4/2018). menceritakan, poin dollar AS yang kian lemah dan adanya kenaikan dalam pengerjaan produksi logam juga menjadi hal lain yang memengaruhi kenaikan harga alumunium.

Lonjakan harga alumunium terjadi sebulan sesudah Presiden Trump tetapkan biaya impor alumunium sebesar 10 persen. Trump dalam Twitternya Jumat (6/4/2018) lalu menceritakan bahwa pemberian biaya impor kepada komoditi alumunium tak memberikan pengaruh negatif terhadap Amerika.

 

Sumber: http://kencanapanelindo.com