Mitos Tak Boleh Menyantap Susu dan Telor

Menyantap Susu dan Telor

Ada mitos yang menyebut apabila telor dan susu tidak boleh dikonsumsi secara beriringan. Jadi bagaimana apabila sarapan dengan menu telor sambil minum susu?

Telor mengandung sumber protein, asam amino dan lemak yang sehat. Demikian juga dengan susu yang diketahui tinggi protein dan kalsium. Tetapi sayangnya ada mitos yang beredar apabila susu dan telor tidak boleh dikonsumsi beriringan.

Dikabarkan dari Food Ndtv telor yakni sarapan unggulan banyak orang sebab praktis dan gampang diwujudkan, susu juga demikian. Berdasarkan buku The Complete Book of Ayurvedic Home Remedies karya Vasant Lad, tertulis apabila situasi sulit pencernaan berasal dari asupan makanan yang salah.

Kombinasi makanan yang salah dapat membikin pencernaan terganggu, fermentasi dalam perut dan penyusunan gas dalam perut. Salah satu penyebabnya yaitu konsumsi telor dan susu.

Berdasarkan alhi gizi, Mehar Rajput, “telor yakni sumber protein, asam amino dan lemak sehat sementara susu mengandung protein dan kalsium. Keduanya aman dikonsumsi dalam kondisi matang, artinya telor yang telah dimasak, bukan telor mentah.”

Lebih lanjut Rajput juga membeberkan, telor mentah yang dikonsumsi sebagai menu sarapan dikhawatirkan akan memunculkan infeksi kuman, keracunan makanan sampai mengganggu absorpsi gizi. Inilah yang kemudian menjadi mitos yang berkembang apabila telor dan susu tidak boleh dikonsumsi beriringan.

Sedangkan apabila telornya telah diolah matang karenanya susu dan telor dapat jadi paduan sarapan komplet tinggi protein. Hal senada juga disuarakan konsultan gizi Dr. Rupali Dutta yang mengatakan apabila susu dan olahan telor aman disantap kapan saja.

Bolehkah Menyantap Susu dan Telor Beriringan Dikala Sarapan?Foto: Istock
Lazimnya binaragawan menyantap telor mentah sebagai menu sarapan dengan maksud menyusun otot. Sedangkan berdasarkan pakar nutrisi, budaya ini justru memicu resiko penyakit jantung sebab tingginya kolesterol pada telor.

Jadi saat telor telah dimasak matang menjadi olahan unggulan, boleh saja disantap beriringan dengan susu.

Maka dari itu jika anda ingin memasak dengan tepung jagung anda bisa menggunakan tepung maizena agar hasil maksimal.