Jaring Desainer Muda, Gelar Kompetis

Berhasil gelar persaingan Design Laboratorium bahasa tahun lalu, Electrolux, produsen kelengkapan rumah tangga kembali gelar persaingan serupa tahun ini. Dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke 90, tahun ini persaingan Design Laboratorium bertema ‘Kreatif untuk 90 Tahun ke Depan’. Seperti lazimnya, persaingan malah dibuka di dunia maya.

“Kami mencari inspirasi-inspirasi dan solusi yang berani. Persaingan ini merupakan undangan terbuka bagi desainer di semua dunia,” kata Lanny Kurniawan, Marketing Manager terhadap .

Berdasarkan Lanny, Electrolux Design Laboratorium yakni persaingan tahunan yang telah diawali semenjak tahun 2003. Tiap-tiap pada tahun 2008, ada perwakilan dari Indonesia.

“Tiap-tiap tahun lalu ada perwakilan dari Indonesia. Ada sekitar 50 desainer yang entry desainnya ke web kami di www.electroluxdesignlab.com. Harapannya tahun ini minimal 100 orang yang turut dari Indonesia,” terangnya.

Meskipun kali persaingan, tema yang diangkat berbeda tiap-tiap tahunnya dan penyelenggaraan acara final malah dilaksanakan di negara yang berbeda tiap-tiap tahunnya. Sebelumnya tahun 2008 temanya merupakan ‘Desain untuk Generasi Penemuan’ dan final digelar di Zurich. Tidak tahun sebelumnya bertema ‘Desain Hijau’ dan malam final dilaksanakan di Paris.

“Tahun ini temanya ‘Kreatif untuk 90 Tahun ke Depan’ dan malam final akan digelar di London pada 24 September 2009. Sebanyak 9 orang finalis akan mempresentasikan desain mereka di hadapan dewan juri yang terdiri dari para desainer terkemuka dan para spesialis di bidang desain. Kita pilih 3 orang jawara malam itu,” ungkap Lanny.

Sebab heran, roadshow dari kampus ke kampus untuk mensosialisasikan persaingan ini malah dilaksanakan oleh Lanny. Sebab Bandung, akhir pekan ini Lanny akan sosialisasi ke kampus Trisakti. “Kampiun keterwakilan dari Asia tiap-tiap tahunnya senantiasa ada. Besar kemauan kami, wakil dari Indonesia dapat masuk ke 9 besar,” tukasnya.

Kampiun persaingan ini merupakan persaingan global, hadiah yang disediakan malah tak sedikit. pertama akan diganjar hadiah uang tunai 5 ribu Euro serta kans enam bulan magang di salah satu sentra desain global Electrolux. Tidak jawara kedua akan mendapatkan hadiah sebesar 3 ribu Euro dan pemenang ketiga sebesar 2 ribu Euro.

“Bagi mahasiswa dan fresh graduate, registrasi kami tutup 31 Mei 2009. Satu orang cuma boleh mengirimkan satu desain,” pungkas Lanny.