Kulkas Tanpa Pintu Sangat Menghemat Biaya Listrik

Kulkas tanpa pintu? Sebab terbiasa dengan kulkas konvensional, hal ini tentu dianggap tidak masuk logika. Tapi seorang mahasiswa asal New Zealand sukses membikin penemuan kulkas tanpa pintu. Kreatif canggih ini dapat membikin pemakaian listrik jadi lebih efisien!

Ben de la Roche, mahasiswa jurusan desain industri ini sukses membikin kulkas canggih bernama Impress. Dia sukses membikin kulkas tanpa pintu yang dapat mengurangi jumlah makanan yang dibuang dan juga menghemat pemakaian listrik.

Umumnya, ruang kulkas berukuran luas dan dapat memuat bermacam isi, dengan pintu besar di depannya. Sedikit atau banyak isi kulkas, jumlah listrik yang diterapkan akan sama. Nah, kulkas buatan mahasiswa Massey University ini menampakkan sesuatu yang lebih ekonomis dan efisien.

Seperti dimuat dalam yankodesign.com dan inhabitat.com, kulkasnya terdiri atas rangkaian sekat segi enam yang dapat dilepas dan dipasang kembali. Sekat hal yang demikian tinggal dilepaskan dan dibuka seukuran dengan makanan atau minuman yang berharap didinginkan. Contohnya berharap mendinginkan makanan dalam wadah seukuran 2 sekat. Sekat hal yang demikian tinggal dilepaskan, dan wadah hal yang demikian diletakkan di sana.

Nantinya, cuma sekat yang terbuka yang akan terasa dingin. Maka, cuma makanan atau minuman yang diletakkan di situ yang akan menikmati hawa dingin. Jadi lebih efisien sebab cuma mendinginkan makanan yang diletakkan dalam slot-slotnya, bukan mendinginkan seisi kulkas seperti kulkas lazimnya.

Kreatif Impress ini sukses membawa Roche menjadi salah satu finalis 2012 Electrolux Design Lab bahasa inggris Competition. Rochepun akan terbang ke Milan dan membawa produk ini ke hadapan para juri di tanggal 25 Oktober akan datang.