Kendaraan Asian Games Dipasangi Stiker Agar Terhindar

Sejumlah maskot dan logo Asian Games 2018  menghiasi Terminal 3 Bandara SOekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (5/07/2018). PT Angkasa Pura AP (II) selaku pengelola bandara menyatakan siap memfasilitasi kedatangan dan kepulangan peserta Asian Games 2018 dengan menyiapkan sarana dan prasarana di tiga bandara yakni Bandara Soekarno Hatta, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dan Husein Sastranegara Bandung.Cetak sticker hologram akan dilekatkan di kendaraan tetamu VIP, regu official atlet, atau kendaraan khusus lainnya yang hendak menuju wilayah venue Asian Games 2018. Tujuan pemasangan stiker berbentuk hologram hal yang demikian supaya kendaraan mereka tidak terkena imbas cara ganjil genap yang digelar di sejumlah kawasan di Jakarta selama Asian Games berlangsung.

“Nanti kan ada khusus ya (stiker), (tetamu VIP) seumpama ada presiden OCA,” ujar Direktur Transportasi Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) Ipung Purnomo, di wilayah Wisma Atlet Kemayoran

Purnomo mengatakan, stiker hologram hal yang demikian didesain khusus sehingga akan susah dipalsukan. Kecuali itu, para petugas bagus Inasgoc ataupun Ditlantas Polda Metro Jaya disebut sudah mengenal mana stiker hologram absah dan yang palsu. “Kan ada inisial khusus, ada hologramnya, jadi enggak sembarangan orang dapat membikin. Sama kayak uang palsu, padahal dipalsukan, kan, kita dapat memandang indikasi uang palsu. Sama, jangan hingga ada pemalsuan karenanya kami buat hologram,” ujar Purnomo.

Dikenal, perhelatan Asian Games 2018 akan digelar 18 Agustus akan datang. Sejumlah sistem dilaksanakan guna menyukseskan pesta olahraga terbesar se-Asia itu. Salah satunya dengan menggunakan cara ganjil genap. Perluasan kawasan ganjil genap kendaraan beroda empat pribadi hingga ke jalan arteri akan dilegalkan selama 15 jam per hari, mulai pukul 06.00 hingga 21.00 dari Senin sampai Pekan.

Kawasan yang terdampak merupakan:

1. Ruas Jalan S Parman-Jalan Gatot Subroto-Jalan MT Haryono-DI Panjaitan-Jalan Ahmad Yani-sampai Simpang Coca Cola atau Perintis Kemerdekaan, Cempaka Putih.

2. Jalan Arteri Pondok Cantik atau di ruas jalan Simpang Kartini hingga Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

3. Sepanjang ruas Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan.

4. Ruas Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Sentra.