Cegah Si Kecil Bikin Rumah Awut-awutan

Tidak dapat dikesampingkan, ketidakhadiran si kecil membikin rumah sulit rapi. Banyaknya mainan, ransel, dan perlengkapan pendorong keperluan si kecil seperti stroller anak, sepatu, sampai baju si kecil seakan berserakan di sekitar rumah, dan bouncer bayi.

Belum lagi tradisi si kecil yang menumpahkan semua mainannya di lantai. Meski kalau keadaan rumah semrawut, tentunya akan berbahaya si kecil—ia dapat tersandung atau memungut benda yang berujung tajam.

Siapkan ruangan

Siapa bilang balita tidak dapat dikenakan tata tertib. Buatlah tata tertib kalau si kecil cuma boleh bermain di dalam kamar atau ruangan tertentu yang telah Anda tetapkan sebagai ruang bermainnya.

Di dalam ruangan itu, ia boleh menggambar, bermain rumah-rumahan kesukaannya, malah mengajak sahabatnya ikut serta serta. Gunanya, supaya si kecil terlatih disiplin dan tidak meletakkan mainannya sembarangan.

Ubah dinding menjadi zona menggambar

Buah cenderung menyukai mencorat-coret. Dan salah satu targetnya merupakan dinding rumah Anda. Melarangnya sama saja memerintahnya, kian dilarang, ia akan kian hobi mencoret.

Supaya lebih mengasyikan dan tidak merusak dinding Anda, siapkan papan tulis raksasa di salah satu dinding. Biarkan si kecil berkreasi di papan hal yang demikian, dan ia bahkan dapat menyalurkan hobinya di dinding.

Ajak si kecil bermain di luar

Salah satu penyebab si kecil hobi membolehkan mainannya semrawut di dalam rumah merupakan kurangnya durasi si kecil mengeksplorasi lingkungan di luar rumah.

Lazimnya, pengaruh Anda jarang mengajaknya bermain di luar ruangan, si kecil merasa bosan dan ia minta perhatian Anda dengan membawa mainannya ke dalam rumah dengan keinginan Anda ingin bermain dengannya.

Siapkan properti khusus supaya si kecil ingin mengeksplorasi halaman, semisal dengan membikin kolam renang buatan, mengajaknya kamping mengaplikasikan kemah kecil, atau sekedar main bola di depan rumah.

Adakan kesibukan beberes

Ajak si kecil membereskan mainannya tiap-tiap pekan dengan hadiah tertentu. Tidak sepatutnya berupa barang, dapat dengan membuatkan makanan kesukaannya atau memperkenankannya menonton film animasi berakhir membereskan mainan.