4 Hal Yang Patut Diketahui Sebelum Memasang Penangkal Petir

Seperti yang kita tahu, cuaca tidak dapat ditebak dan bisa secara tiba-tiba memburuk. Petir menjadi salah satu yang perlu diwaspadai sebab dapat merubuhkan pohon dan listrik di rumah dapat konslet hingga sampai terbakar. Lalu, seberapa penting memasang penangkal petir?

Fungsi Penangkal Petir
Perlu diketahui juga terbukti petir dapat membawa aliran listrik sampai ribuan volt. Air hujan yang turun faktanya  dapat menghantarkan listrik dari petir ke benda apa saja yang ada di permukaan bumi, termasuk juga manusia.

Penangkal petir bisa menjadi media penghantar listrik yang berasal dari petir dan kemudian diteruskan ke media lain, yaitu tanah. Rumah yang terdiri dari banyak lantai atau ada di dataran tinggi lebih berisiko tersambar petir, tapi tidak menutup kemungkinan juga bahwa rumah berlantai satu akan ikut serta terkena sambaran petir.

Variasi Penangkal Petir
Sesudah mengenal fungsinya, perlu diketahui juga bahwa ada dua tipe penangkal petir, yaitu yang kovensional dan elektrostatis. Mari kita cocokan perbedaan keduanya? Mana yang lebih baik?

Sesuai dengan namanya, penangkal petir konvensional tentu terdiri dari perangkat sederhana. Penangkal petir yang satu ini cocok digunakan di rumah atau bangunan kecil dan juga tower.

Sementara itu, penangkal petir elektrostatis mempunyai jangkauan perlindungan dengan radius yang cukup luas.

Semakin tinggi posisi penangkal, maka semakin luas jangkauan perlindungannya. Penangkal tipe ini sesuai untuk bangunan besar dan perkebunan.

Pilih Bahan yang Amati
Perhatikan bahan dari penangkal petir yang akan dipakai! Penangkal petir yang memenuhi standar terbuat dari tembaga dan almunium. Selain itu, penangkal petir dilapisi juga dengan bahan anti korosi. Khusus tembaga, pilihlah yang umum dipakai pada pengerjaan aliran listrik PLN.

Tahap Instalasi yang Tepat
Penangkal petir memang dapat dipasang oleh ahlinya, tapi tidak ada salahnya untuk memastikan bahwa pemasangannya telah tepat.

Tahap instalasi yang tepat:
• Metode penangkal petir seharusnya terpasang kokoh sempurna. Jika salah, dapat menyebabkan alat tak akan bekerja secara tepat sasaran dan dapat rusak saat tersambar;
• Tanam ke permukaan sampai menempuh kedalaman air tanah supaya petir tersalur ke dalam tanah;
• Pasang penangkal petir di bagian tertinggi dari bangunan;
• Pastikan segala jaringan perangkat mulai dari komponen kepala, rangkaian, sampai grounding penangkal petir telah terpasang dengan benar.

Itulah hal-hal yang harusnya diperhatikan sebelum memasang penangkal petir di rumah. Jangan menganggap remeh pemakaian penangkal petir, ya!

Cek Juga: Jual Penangkal Petir