Tips Supaya Flash Disk Awet

Sepuluh tahun lalu kita mengetahui disket atau floppy disk sebagai media penyimpan data. Sekarang, media itu bertambah dengan kehadiran flash disk yang mampu mnyimpan data jauh lebih besar dibanding disket dan floppy disk. Disket hanya mampu menyimpan data maksimal 1,44 Mb. Sekarang sejumlah perusahaan ada yang menjual flash disk ukuran 32 Gb.

Seperti disket atau floppy disk, flash disk juga harus dirawat. Sayang apabila tidak dirawat, flash disk yang Anda beli menjadi rusak dan berakibat hilangnya data yang anda simpan. Berikut sebagian tips merawat dan menjauhkan perangkat tersebut.

Pertama, jangan meyimpan flash disk berdekatan dengan benda yang mengandung magnet besar, seperti telepon seluler dan tv. Gelombang elektromagnetik dari dua perangkat itu dapat merusak flash disk. Karena itu, sebaiknya jangan menyimpan flash disk berdekatan dengan telpon seluler. Demikian juga seperti itu di rumah, jangan letakkan flash disk tersebut di dekat tv.

Baca Juga: USB Murah

Kedua, hindari flash disk Anda dari ancaman benda cair. Benda cair tersebut contohnya adalah air. Memang sebagian perusahaan mengklaim produknya anti-air, tetapi sebaiknya jangan mencoba-coba didekatkan dengan air. Karena, air mudah masuk ke dalam lubang  komponen usb dan merusaknya.

Ancaman lainnya pada flash disk adalah virus. Virus digital ini dapat menularkan flash disk Ada saat mengambil data dari web atau komputer orang lain . Virus yang masuk akan merusak data yang tersimpan. Yang terburuk flash disk Anda yang sudah lama terserang virus ganas sehingga file-nya tidak terbaca lagi. Karena itu, lakukanlah pemindahan ulang flash disk dengan antivirus sesering mungkin.

Ketiga, gunakan flash disk dengan benar. Kadang-kadang kita mencabut begitu saja perangkat ini dari port USB komputer. Padahal, cara seperti ini mempengaruhi data-data yang kita tersimpan. Sebaiknya, ikuti prosedur yang ada dengan cara melakukan proses stop atau eject terlebih dahulu. Sesudah itu baru mencabutnya. Terkadang bisa saja terjadi Anda tidak bisa melakukan eject. Mungkin ini bisa terjadi jika Anda belum menutup file atau file sedang bekerja di dalam flash disk Anda.

Keempat, simpan flash disk jauh dari sinar matahri langsung. Hindari perangkat penting ini dari benturan keras atau terjatuh. Terakhir, jangan lupa menutup soketnya apabila flash disk sedang tidak digunakan. Apabila tips ini Anda ikuti, mudah-mudahan flash disk Anda akan awet.

Cek Juga: Flashdisk Promosi