Nama-Nama Kunci yang Lazim Diterapkan Untuk Membetuli Kendaraan

Kunci-kunci yang awam ada di toolkit motor kita rupanya punya nama dan fungsinya. Biar enggak salah ucap atau keder dikala meminta diambilkan, GridOto.com telah himpun sebagian kunci yang tak jarang ada di toolkit.

1. Kunci Ideal (Open End Spanner)
Kunci tepat atau Open End Spanner enggak hanya ditemukan di bengkel. Umumnya sebagian pabrikan motor memberikan kunci tepat ini sebagai toolkit free dalam pembelian motor. Ciri-ciri kunci tepat merupakan format kepala pembukanya yang menyerupai huruf  “U”. Fungsinya untuk membuka baut atau mur. Kunci tepat biasanya mempunyai dua ukuran, contohnya ujung satunya berukuran 10 mm dan ujung satunya lagi 12mm. Atau ada juga yang ujung satunya berjenis kunci ring dengan ukuran yang sama.

2. Kunci Ring (Offset Ring Spanner)
Kunci Offset Ring Spanner atau awam diketahui juga sebagai kunci ring punya lingkaran di ujungnya. Wujudnya menyerupai format baut dan mur. Agar mencengkram mur atau baut, format lingkarang kunci ring ini miliki segi enam dan dua belas. Sudut offset kunci ring bervariasi, lazimnya yang ditemukan dibengkel memiliki sudut ofset 45 Derajat. Kunci macam ring lebih tepat sasaran dan aman dipakai untuk membuka baut. Karena, kunci ini mengendalikan total sudut baut sehingga meminimalisir terjadinya miss yang dapat merusak baut.

Baca : https://tekiro.com/event/jenis-dan-harga-tang-terbaru-beserta-fungsinya

3. Kunci L
Banyak yang tak jarang ucap kunci L sebab formatnya menyerupai huruf L. Tetapi kunci L sendiri rupanya punya nama bengkel lho! Yup, kunci L diketahui juga sebagai kunci Allen. Umumnya kunci Allen atau kunci L ini dijadikan dari baja Heksagonal High Tensile yang kemudian disusun seperti huruf L dan T.

4. Kunci Busi
Fungsi kunci busi telah diterangkan pantas dengan namanya. Umumnya di dalam kunci busi kepada karet. Tujuannya supaya keramik atau porselin yang berfungsi sebagai insulator di busi enggak baret. Untuk memakai kunci busi diperlukan obeng untuk memutarnya. Ukuran kunci busi juga berbeda-beda, yang banyak tersedia merupakan ukuran 16 mm dan 21 mm.

5. Kunci Sokbreker
Kunci sokbreker enggak dapat dijumpai di seluruh toolkit yang ada di motor. Kunci sokbreker lazimnya diberi jikalau sokbreker motor komponen belakang dapat distel. Kunci ini dipakai memutar sokbreker untuk memegang kekerasan dan ketinggian sokbreker belakang.

6. Kunci Sok
Kunci sok ini mungkin jarang dijumpai di rumahan melainkan banyak tersedia di bengkel. Karena, biasanya kunci sok dipasarkan per paket yang membikin harganya lumayan mahal. Kunci sok ini berbeda dengan kunci lainnya. Karena, kunci sok mempunyai mata kunci yang seharusnya dipasang ke pengungkitnya sebelum dipakai. Secara prinsip kerja dan fungsi, kunci sok sebetulnya mirip dengan kunci ring.

 

Terkait : https://tekiro.com/event/macam-macam-alat-pertukangan