5 Bahan yang Dapat Anda Gunakan untuk Membersihkan Mesin Cuci

Menggunakan Cuka dan Soda Kue

Untuk menggunakan, campurkan ½ cangkir soda kue dan 1 liter (1 liter) cuka, dan setel suhu air ke 90ºC (194ºF) dengan siklus yang lama. Cuka dan soda kue aman digunakan karena bersifat alami. Mereka juga sangat efektif menghilangkan kerak serta penghilang bau. Meskipun cuka adalah asam asetat, cuka hanya asam yang bersifat ringan dan tidak akan membunuh semua jamur. Jika Anda memiliki mesin cuci yang sangat kotor, gunakan bahan-bahan kuat yang direkomendasikan di bawah ini.

Simak juga : Pembersih mesin cuci

Menghilangkan Residu Lengket Dengan Pemutih Oksigen dan Detergen Enzim

Gunakan dosis sesuai petunjuk pada label untuk muatan besar. Setel suhu air ke 90ºC (194ºF) dan pilih opsi beban terbesar. Pilih deterjen bubuk daripada deterjen cair. Cari deterjen yang mengandung berbagai enzim pemakan minyak, seperti Amilase, Protease, Lipase, atau Mannanase (Anda mungkin perlu memeriksa situs web produsen untuk mengetahui daftar bahannya). Anda juga dapat menambahkan pemutih oksigen bubuk secara teratur ke deterjen biasa. Detergen Generasi Ketujuh menggunakan jenis enzim ini, dan mereka juga menjual pemutih oksigen. Ketahuilah bahwa deterjen enzim tidak aman digunakan pada wol atau sutra.

Simak juga : washing machine cleaner indonesia

Menggunakan Asam Sitrat untuk Menghilangkan Penumpukan

Campurkan 1 cangkir asam sitrat dan ½ cangkir soda kue (opsional). Pilih siklus pencucian yang lama dan setel suhu air ke 90ºC (194ºF). Asam sitrat berasal dari buah jeruk dan merupakan cara alami dan ampuh untuk menghilangkan kerak, buih sabun, dan penumpukan. Ini adalah asam yang jauh lebih kuat daripada cuka, jadi ini bekerja untuk mesin dengan banyak penumpukan. Asam sitrat juga dapat digunakan bersama soda kue untuk membantu menghilangkan bau.

Simak juga : Skincare organik

Menggunakan Hidrogen Peroksida untuk Membersihkan Drum yang Kotor

Hidrogen peroksida menghilangkan kerak, membunuh jamur, dan merupakan anti virus dan anti bakteri. Anda cukup menggunakan 1 liter (1 liter) hidrogen peroksida dengan air pada suhu 90ºC (194ºF) pada siklus pencucian yang lama. Ini lebih aman daripada pemutih klorin karena tidak meninggalkan asap dan residu beracun. Ini juga aman bagi lingkungan karena terurai menjadi oksigen dan air/ water chemicals. Kelemahan hidrogen peroksida adalah prosesnya lebih lama, jadi Anda harus membiarkannya terendam di mesin Anda setidaknya selama tiga jam. Karena ini tidak mungkin untuk pemuat depan, Anda mungkin perlu menjalankannya dua kali.

Simak juga : Bahan kimia cair

Catatan: Hidrogen peroksida dijual sebagai larutan cair specialty chemicals encer 3% dan merupakan pembersih serba guna yang sangat baik. Anda mungkin melihatnya dijual dalam konsentrasi yang lebih tinggi, tetapi ini digunakan oleh pembersih komersial dan diencerkan untuk membuat larutan pembersih dalam jumlah besar. Saya tidak akan merekomendasikan Anda melakukan ini karena risiko keamanan yang terlibat saat menangani solusi di atas 3%. Hidrogen peroksida harus digunakan dalam waktu satu tahun setelah dibuka dan disimpan di tempat gelap atau efektivitasnya akan hilang.