Cara Memperbaiki Rambut Rusak

Apa saja pilihan saya?

Kerusakan rambut lebih dari sekadar ujung bercabang. Rambut yang sangat rusak menimbulkan retakan di lapisan luar (kutikula). Setelah kutikula terangkat (terbuka), rambut Anda berisiko mengalami kerusakan dan kerusakan lebih lanjut. Mungkin juga terlihat kusam atau kusut dan sulit diatur.

Jadi, bisakah Anda benar-benar beralih dari rambut kering, rapuh menjadi rambut halus dan berkilau? Jawabannya tidak selalu dipotong dan dikeringkan. Untuk sebagian besar, kerusakan rambut bersifat permanen karena rambut sebenarnya adalah kumpulan sel-sel mati, sehingga tidak dapat diperbaiki lagi.

Satu-satunya obat yang tepat adalah waktu, gunting, dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah kerusakan baru.

Tapi jangan putus asa, dengan perawatan rambut yang tepat dan beberapa perawatan yang ditargetkan, Anda dapat membantu memulihkan kutikula luar dan mulai memperbaiki tampilan dan nuansa rambut Anda.

Jika Anda tahu di mana kesalahan Anda

Terkadang terlalu jelas bagaimana Anda berakhir dengan rambut rusak. Jika digunakan secara tidak benar, pewarna, pemutih, dan alat penata rambut dapat merusak rambut Anda.

Teruskan membaca untuk mempelajari cara mencegah kerusakan lebih lanjut dan menghaluskan gejala Anda sampai Anda dapat memotong rambut yang rusak. Anda mungkin perlu “mencelupkan dua kali” untuk memenuhi semua kebutuhan Anda.

1. Ini dari pewarna

Apakah Anda memilih warna pastel, putri duyung, atau hanya mencoba menutupi beberapa warna abu-abu, mengecat rambut di rumah dapat memiliki konsekuensi yang bertahan lebih lama daripada warnanya. Pewarna kimiawi dapat menghilangkan kelembapan alami rambut Anda, membuat rambut halus menjadi kasar saat disentuh. produk perawatan rambut

Kecuali rambut Anda awalnya ringan, Anda mungkin juga harus memutihkan rambut Anda sebelum mengaplikasikan pewarna (lihat “Dari pemutih” di bawah untuk informasi lebih lanjut tentang ini).

Bagaimana membatasi kerusakan lebih lanjut

Tetap di tempat teduh. Para ahli merekomendasikan untuk memilih pewarna dalam tiga warna dari warna alami Anda dan memilih warna yang lebih gelap daripada lebih terang untuk membatasi kerusakan. Warna-warna yang tidak alami lebih sulit untuk dipertahankan dan harus lebih sering disentuh. lulur mandi

Pewarna lebih jarang. Memperpanjang waktu antara touch-up juga dapat membantu mengurangi kerusakan. Jika memungkinkan, tunggu 8 hingga 10 minggu – atau lebih lama! – di antara pekerjaan pewarna.

Untuk membuatnya lebih mungkin:

Kurangi frekuensi keramas.
Gunakan hanya sampo yang diformulasikan untuk rambut yang diwarnai.
Bilas sampo dan kondisioner dengan air dingin. Air panas dapat menyebabkan kutikula terbuka, atau terangkat, sehingga pewarna dapat terbilas.
Kunjungi seorang profesional. Salon bisa mahal, tetapi pewarnaan seringkali paling baik diserahkan kepada profesional. Seorang pewarna profesional tahu cara menggunakan produk yang benar untuk meminimalkan kerusakan. produk personal care

Pilih semi- atau setengah permanen. Perawatan yang mengubah rambut secara permanen dapat mengubah rambut secara agresif sehingga satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan menumbuhkannya dan memulai kembali.

Tetap berpegang pada satu layanan pada satu waktu. Jika Anda ingin merilekskan, meluruskan, atau mengeriting rambut secara kimiawi, sebaiknya lakukan setidaknya dua minggu sebelum janji pewarnaan rambut. Ini memberi rambut Anda waktu untuk pulih di antara perawatan.

Bagaimana meringankan kerusakan yang ada

Gunakan minyak zaitun. Minyak goreng biasa ini juga sangat populer dalam perawatan rambut. Minyak telah terbukti membantu merehidrasi rambut dan menghaluskan kutikula. Minyak zaitun, khususnya, dikatakan membantu melembutkan rambut dan mengisi kembali kelembapan yang sangat dibutuhkan.

Ini juga mudah dikerjakan dan relatif murah. Pastikan untuk menunggu beberapa hari setelah pewarnaan sebelum Anda melakukan perawatan minyak zaitun. creambath ginseng

Gunakan sampo dan kondisioner yang aman untuk pewarna. Produk-produk ini diformulasikan dengan pH yang tepat untuk mencegah batang rambut bengkak dan memungkinkan pewarna bocor. Warna Anda akan bertahan lebih lama, dan rambut Anda akan terlihat dan terasa lebih baik.

Pilihan populer meliputi:

Mineral Fusion Lasting Color Shampoo
Nexxus Color Assure Shampoo
Pureology Hydrate Conditioner

2. Ini dari pemutih

Jika rambut Anda berubah dari gelap menjadi terang, Anda mungkin tahu betul kerusakan yang disebabkan oleh pemutih pada rambut Anda.

Pemutih digunakan untuk menghilangkan warna alami rambut Anda dari setiap helai. Untuk melakukan ini, ini membuat rambut Anda membengkak, memungkinkan pemutih mencapai bagian dalam untaian. Di sini, ia melarutkan melanin yang memberikan pigmen rambut Anda. creambath avocado

Proses ini dapat membuat rambut kering, keropos, rapuh, dan rapuh. Perubahan permanen pada struktur rambut Anda juga bisa membuatnya kurang kuat dan elastis. Bagaimana membatasi kerusakan lebih lanjut
Lebih jarang memutihkan… atau tidak sama sekali. Tidak ada jalan lain. Pemutih selalu merusak rambut Anda sampai taraf tertentu. Semakin sedikit Anda melakukannya, semakin baik. creambath kemiri

Tambahkan kelembapan. Sebelum memutihkan, berikan perhatian ekstra untuk melembabkan rambut Anda dan hindari aktivitas merusak lainnya, seperti penataan rambut dengan panas, selama beberapa minggu. Gunakan pelindung matahari. Sinar UV matahari dapat merusak rambut Anda. Rambut yang diputihkan sangat rentan terhadap kerusakan akibat sinar UV. Coba kenakan topi bertepi lebar atau penutup rambut untuk melindungi rambut dan kulit kepala Anda. Anda juga bisa menggunakan semprotan rambut pelindung UV untuk melindungi rambut yang keluar.

Untuk manfaat tambahan, carilah produk yang juga memiliki kondisioner.

Pilihan populer meliputi:

  • Sun Bum Beach Formula 3 In 1 Perawatan Kondisioner Rambut Tanpa Bilas
  • Primer Minyak Tak Terlihat / Pelindung UV dari Bumble and Bumble Hairdresser
  • Formula Sun Bum Beach Shine On Hair Conditioning Treatment
  • Berhati-hatilah dengan klorin. Selain mengubah rambut Anda menjadi warna hijau yang tidak menyenangkan, klorin dapat menghilangkan kelembapan dari rambut Anda dan membuatnya terasa lebih rapuh dan kasar.

Untuk menghindari ini:

  • Bilas rambut Anda dengan air bersih sebelum pergi ke kolam renang. Kelembapan ini dapat membantu mencegah klorin mengubah warna rambut dan mengeringkan helai rambut Anda.
  • Anda juga harus mencuci rambut dengan bersih segera setelah keluar dari kolam.
  • Meskipun sampo dan kondisioner yang melembabkan bisa digunakan, Anda juga bisa menggunakan sampo dan kondisioner renang yang diformulasikan khusus.
  • Bagaimana meringankan kerusakan yang ada
  • Gunakan minyak almond. Minyak yang beraroma manis ini dapat membantu melembutkan dan menguatkan rambut Anda. Oleskan sedikit ke ujung rambut Anda sebelum dikeringkan untuk merehidrasi helai rambut dan mengurangi kekusutan.

Pilihan populer meliputi:

SEKARANG Minyak Almond Manis
Perawatan Kepala dan Bahu Kering Kulit Kepala dengan Shampo Ketombe Minyak Almond
Cobalah bilasan air beras. Meski kelihatannya aneh, penelitian menunjukkan bahwa air yang Anda tuangkan ke saluran pembuangan saat membilas beras sebenarnya dapat membantu rambut Anda. Inositol, bahan yang ditemukan dalam air beras, telah terbukti dapat menembus rambut rusak dan memperbaiki rambut dari dalam ke luar.

3. Ini dari penggunaan alat pemanas

Menata rambut dengan panas dapat “memasak” serat rambut dan menyebabkan kutikula terangkat dan rambut keropos. Menggunakan panas terlalu sering atau pada suhu tinggi dapat membuat rambut Anda lebih rentan rusak.

Bagaimana membatasi kerusakan lebih lanjut
Keringkan dari kejauhan. Pengering rambut terkenal dapat menyebabkan kerusakan. Kabar baiknya adalah Anda mungkin tidak harus menyerah sepenuhnya. Satu studiTrusted Source menemukan bahwa memegang pengering rambut sejauh 15 sentimeter (sekitar enam inci) dari rambut Anda dan menggerakkan pengering rambut secara terus menerus dapat membantu mengurangi kerusakan.

Gunakan produk pelindung panas. Produk ini dimaksudkan untuk membantu melindungi rambut dan mencegah ujung bercabang.

Pilihan populer meliputi:

  • Pelindung Termal Minyak Argan PROFESIONAL HSI
  • TRESemme Thermal Creations Heat Tamer Protective Spray
  • Turunkan suhunya. Semakin panas suhunya, semakin banyak kerusakan yang dapat Anda lakukan. Panas yang berlebihan dapat merusak rambut Anda dari mana pun asalnya. Gunakan pengaturan panas terendah pada produk apa pun dan batasi waktu panas udara, setrika, atau penjepit menyentuh rambut Anda.

Udara kering. Hindari panas sama sekali dan biarkan udara melakukan semua pekerjaan untuk Anda.

Untuk melakukan ini, bungkus rambut Anda dengan handuk setelah mandi. Sumur ini membantu mengeluarkan kelebihan air sebelum Anda membiarkannya menggantung hingga kering. Jangan menggosok rambut dengan handuk karena dapat menyebabkan gesekan yang tidak perlu dan merusak rambut.

Pengeringan bebas panas juga bisa menjadi ide yang bagus jika Anda berencana menata dengan flat iron atau curling iron. Para ahli merekomendasikan penggunaan alat pemanas tidak lebih dari sekali seminggu.

Lakukan dengan alami. Rangkullah gaya rambut bebas panas seperti ombak pantai yang disemprot garam. atau biarkan tekstur dan gaya alami rambut Anda menjadi sorotan.

Bagaimana meringankan kerusakan yang ada
Gunakan minyak kelapa. Minyak tropis ini adalah bom kecantikan. Manfaat utama? Molekul minyak cukup kecil untuk menembus kutikula luar dan menghidrasi dari dalam ke luar.

Ini juga dapat membantu mengisi kembali minyak pelindung di luar rambut Anda. Oli ini membantu melindungi dari kerusakan panas dan kerusakan Sumber Tepercaya.

Cari produk yang mengandung minyak kelapa, atau oleskan minyak hangat seminggu sekali sebagai masker pelembab dalam.

7 Langkah Sederhana Memilih Kurikulum Homeschool