5 Tips Dalam Memilih Mobil Rental

Bepergian terkadang memang membuat stres. Meskipun tidak mungkin untuk menghilangkan stres sepenuhnya, meluangkan waktu untuk memikirkan kebutuhan Anda sebelum perjalanan dapat membantu meminimalkan stres. Ini termasuk memilih mobil sewaan Anda. Dengan riset dan pertimbangan yang cermat, Anda harus dapat menentukan jenis mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda untuk setiap perjalanan.

Tetapi bahkan rencana terbaik pun bisa saja gagal. Meskipun tip berikut dapat membantu Anda memilih mobil yang tepat, penting untuk diingat bahwa beberapa hal berada di luar kendali Anda. Jika Anda dapat menerima kenyataan itu tanpa buku jari Anda memutih, Anda sedang dalam perjalanan untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dengan mobil sewaan Anda.

1.  Apa Kebutuhan Sewa Mobil Anda?

Secara umum, sebagian besar agen persewaan mobil menawarkan kendaraan serupa dalam berbagai klasifikasi. Jumlah kategori telah meningkat selama beberapa dekade terakhir. Era pilihan sederhana antara mobil subkompak, kompak, menengah, dan sport telah berakhir. Sekarang pilihan Anda mungkin mencakup semuanya mulai dari mobil mini hingga SUV mewah.

Apa yang kamu butuhkan? Mobil mewah mungkin terdengar bagus, tetapi jika Anda tidak menghabiskan banyak waktu di dalam kendaraan, itu mungkin merupakan pengeluaran yang sia-sia. Anda mungkin tergoda untuk menyewa mobil convertible, tetapi jika cuacanya tidak bagus atau Anda memiliki banyak barang bawaan, itu bukanlah pilihan yang paling praktis. Pemeriksaan jujur ​​tentang apa yang Anda perlukan selama perjalanan akan membantu memandu pilihan Anda.

Semakin awal Anda menentukan apa yang Anda butuhkan dari mobil sewaan Anda, semakin banyak fleksibilitas yang Anda miliki saat berbelanja untuk mendapatkan penawaran yang tepat.

Baca Juga: sewa mobil lepas kunci jakarta

2. Mobil Kompak Tidak Selalu Mobil Kompak

Sebagai contoh, mobil Compact di Amerika Serikat tidak sama dengan compact di Indonesia. Mobil Indonesia cenderung lebih kecil dari kendaraan Amerika. Oleh karena itu, sebaiknya pertimbangkan ukuran pesta Anda dan jumlah bagasi yang akan Anda bawa jika berencana menyewa mobil di Indonesia. Anda mungkin ingin meminta kendaraan satu – atau bahkan dua – ukuran lebih besar dari yang biasa Anda sewa.

Di sisi lain, banyak jalan di Indonesia lebih sempit daripada jalan di Amerika. Beberapa jalan sudah ada sejak abad pertengahan, ketika kendaraan paling umum untuk menyusuri jalan setapak adalah gerobak yang ditarik kuda. Cobalah untuk menemukan keseimbangan antara mobil yang nyaman untuk tempat duduk pesta Anda dan mobil yang akan membiarkan Anda melewati jalan yang sempit tanpa menyebabkan Anda terlalu stres dalam prosesnya.

3. Lebih Besar Tidak Selalu Lebih Baik

Mobil besar cenderung mengonsumsi lebih banyak bahan bakar. Mereka juga biasanya lebih sulit untuk bermanuver, terutama di kota-kota yang memiliki jalan sempit atau tempat parkir terbatas. Mobil berukuran sedang cenderung menjadi kendaraan sewaan paling populer di Indonesia. Sebagian besar memiliki penghematan bahan bakar yang lebih baik daripada mobil yang lebih besar, dan cenderung lebih murah untuk disewa. Anda bahkan mungkin menemukan bahwa ketika Anda memesan mobil kompak atau subkompak, Anda akan sering menerima peningkatan gratis ke kategori ukuran sedang. Itu karena sebagian besar agen persewaan hanya menyimpan beberapa mobil kecil di armada mereka.

Ingat, tentu saja, Anda tidak dijamin mendapatkan peningkatan – Anda mungkin mendapatkan apa yang Anda minta. Jika itu membuat Anda gugup, coba pilih mobil yang cukup besar untuk Anda. Hindari peningkatan ke SUV besar atau mobil besar lainnya kecuali Anda benar-benar membutuhkan ruang penyimpanan. Namun tak ada salahnya menyewa SUV jika memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Keluarga besar dengan banyak barang bawaan harus memilih kendaraan yang akan memberikan perjalanan yang aman dan nyaman.

4. Tanyakan Tentang Transmisi

Mayoritas di jaman sekarang ini mobil sewaan memiliki transmisi otomatis. Tidak sulit untuk memahami mengapa perusahaan persewaan mobil membuat pilihan ini, siapa pun yang tahu cara mengemudi dapat mengendarai mobil dengan transmisi otomatis. Tetapi jika Anda lebih suka transmisi manual, Anda harus menyebutkannya kepada agen persewaan mobil saat memilih mobil Anda.

Di belahan dunia lain, kendaraan bertransmisi manual adalah hal biasa. Jika Anda orang yang bepergian ke luar negeri, Anda mungkin ingin bertanya kepada perusahaan rental mobil apakah Anda dapat menyewa kendaraan otomatis. Ini bisa sangat berguna ketika Anda mengunjungi negara asing. Di negara-negara ini, setir berada di sisi kirikendaraan dan pengemudi mengoperasikan perpindahan gigi manual dengan tangan kanannya.
Ketahuilah bahwa fasilitas rental mobil mungkin hanya memiliki beberapa kendaraan otomatis yang dapat disewa, jadi sebaiknya ajukan permintaan Anda sedini mungkin.

5. Bersikaplah lebih Fleksibel

Pada akhirnya, Anda mungkin tidak punya banyak pilihan di mobil sewaan Anda. Pada akhirnya, pilihan Anda bergantung pada apa yang ada di bagian perusahaan persewaan mobil pada saat itu. Sering kali, Anda harus bisa mendapatkan kendaraan dalam kategori ukuran yang Anda inginkan. Tetapi Anda mungkin tidak dapat memilih di antara dua model mobil yang berbeda.

Hubungi dulu berbagai agen persewaan mobil untuk mengetahui jenis mobil apa yang mereka miliki di armadanya masing-masing. Jika Anda memiliki preferensi untuk jenis kendaraan tertentu, pilih agen yang menyediakan banyak mobil tersebut. Ini masih bukan jaminan 100 persen bahwa Anda akan mendapatkan mobil yang Anda cari, tetapi ini akan meningkatkan peluang Anda.

Memilih mobil sewaan Anda membutuhkan kombinasi perencanaan dan tetap fleksibel saat tiba waktunya untuk mengambil mobil Anda. Jika Anda mengingatnya, Anda harus memiliki pengalaman yang lancar sebelum memulai perjalanan.

Kunjungi Juga: sewa mobil alphard jakarta