Cara Terbaik Menggunakan Selotip Pelukis untuk Membuat Dinding Terlihat Lebih Sempurna

Apa itu selotip pelukis?

Yah, kira-kira seperti apa kedengarannya: istilah ini digunakan untuk merujuk, umumnya, pada pita apa pun yang digunakan oleh pelukis untuk memastikan garis yang bersih dan tidak ada tumpahan. Ya, itu sama dengan jenis masking, meskipun selotip yang biasa kita lihat di proyek kerajinan memiliki daya rekat yang lebih rendah daripada selotip kebanyakan pelukis (lebih lanjut di bawah). Tetapi ada beberapa jenis selotip pelukis. Berikut dua perbedaan utama:

– Ukuran: Pita pelukis tersedia dalam berbagai ukuran; gulungan yang lebih sempit akan lebih mahir masuk ke sudut atau menempelkan area kecil, sedangkan gulungan yang lebih lebar akan memberikan lebih banyak perlindungan, bahkan bertindak sebagai penghalang di atas alas tiang, misalnya, atau menutupi panel jendela saat Anda mengecat muntin ( itu adalah potongan kayu atau logam di antara panel kaca di jendela — semakin banyak yang Anda tahu).
– Kelengketan: Selotip pelukis juga memiliki berbagai macam kelengketan. Anda sebaiknya menggunakan yang ekstra lengket pada permukaan yang sangat berbutir, seperti batu bata atau batu, dan versi yang tidak terlalu lengket jika Anda menutupi sesuatu yang halus.

Kunjungi Juga: Lakban Hitam Besar

Jenis apa yang harus saya gunakan?

Seperti yang dinyatakan di atas, itu semua tergantung pada jenis proyek yang Anda lakukan. Pilih lebih banyak perekat untuk permukaan yang sulit menempel dan lebih sedikit untuk bahan yang halus atau di tempat yang bisa membuat cat terkelupas atau terkelupas.

Simak Juga: Harga Lakban Coklat

Bagaimana cara menggunakannya saat mengecat dinding?

Pikirkan diri Anda pada dasarnya membuat garis tepi di sekeliling apa yang ingin Anda lukis. Jika Anda mengecat satu dinding, tutupi dengan selotip. Jika Anda mengecat seluruh ruangan, tutupi bagian bawah dan atas dinding, di sekitar kusen pintu atau jendela, unit AC, atau benda listrik internal lainnya (tetapi lepaskan sakelar dan pelat listrik sebelum mengecat ), atau cetakan lainnya.

Hal pertama yang pertama: Anda harus membersihkan cetakan, alas tiang, bingkai, atau tempat lain yang Anda tempelkan selotip (seperti Anda akan membersihkan dinding sebelum pelapisan dasar) untuk memastikannya menempel.

Sekarang, waktunya untuk rekaman. Mengamankan selotip pelukis tidak sesulit kelihatannya: Jika Anda mengamankan satu sisi secara merata ke arah yang ingin Anda rekatkan, kemudian buka gulungan 6-8 inci bagian sekaligus dan tekan lurus ke dinding sebelum mengencangkan, Anda seharusnya baik-baik saja (pastikan Anda menekan selotip seluruhnya ke bawah ke cetakan atau dinding tempat Anda menempelkannya). Namun, jika Anda menginginkan kepastian dosis ekstra, Anda dapat menyelaraskan selotip dengan penggaris, aplikator kertas dinding, atau alat bermata lurus lainnya di dinding. Untuk perlindungan ekstra di atas ambang jendela, kusen pintu, atau alas tiang yang lebih lebar, Anda dapat menempelkan kertas penutup sebagai pelindung (meskipun sebagian besar proyek — dan penerapan yang cermat — tidak benar-benar memerlukannya).

Baca Juga: Masking Tape

Bagaimana cara menggunakannya saat mengecat langit-langit?

Untuk langit-langit, Anda cukup membalik proses yang sama, tetapi untuk perlindungan tambahan, Anda mungkin ingin merekatkan kertas atau plastik untuk melindungi dinding dari tetesan yang menyimpang — terutama jika Anda menggunakan roller. (Pengingat: Inilah cara terbaik untuk mengecat langit-langit).

Bagaimana cara melepasnya?

Hal terpenting yang harus diketahui tentang melepas selotip adalah kapan melakukannya. Sebaiknya tunggu sampai cat benar-benar kering — dengan begitu, Anda menghindari tetesan di akhir permainan dari dinding yang masih basah dan menghindari kemungkinan noda pada permukaan yang tidak dicat dengan cat basah yang menempel pada selotip. Untuk ketelitian ekstra (dan terutama jika Anda memiliki sisa cat yang kental di tepi selotip), gunakan pisau untuk menggores tepi lakban dengan hati-hati untuk memastikan kulitnya bersih.

Cek Juga: Harga Lakban Bening