5 Cara Meningkatkan Alur Proses Memotong Dengan Mesin Laser

Sekiranya Anda pernah dalam perjalanan darat, Anda memahami bahwa perencanaan dibutuhkan untuk menempuh tujuan Anda dengan berhasil. Sekiranya seluruh langkah yang dibutuhkan tak diambil, kegembiraan perjalanan darat dapat memudar dan menjadi lebih dari mimpi buruk.

Perencanaan meliputi pemilihan rute terbaik; mempertimbangkan kendaraan Anda menjalankan penyetelan rutin; dan mengenal teknologi mana, seperti cruise control, yang akan membikin perjalanan menjadi lebih lancar.

Demikian pula, langkah-langkah perencanaan ini bisa diaplikasikan pada aliran suku cadang yang dipotong dengan laser via kios yang luar lazim dan bisa memberikan kejelasan perihal metode-metode yang bisa Anda perbaiki. Jadi, muat dan lakukan perjalanan Anda via produksi laser.

1. Tata Letak Kios

Tata letak kios Anda bisa membikin atau menghancurkan malahan agenda produksi yang paling efisien. Kian banyak waktu yang dihabiskan suku cadang Anda ketika transit atau menunggu pengiriman ke operasi selanjutnya, kian kurang efisien Anda, dan efeknya dapat melumpuhkan.

Idealnya, bahan yang masuk akan dimuat lantas ke atau dekat laser dan operasi sekunder akan ditempatkan paling dekat dengan keluaran laser. Ini mungkin menonjol masuk nalar, tapi kadang kala tata letak ini tak dipertimbangkan ketika kelengkapan dipasang pada mulanya. Dikala pendekatan tambal sulam untuk desain kios ditemukan tak efisien, seringkali segala tata letak kios sepatutnya didesain ulang. Pergerakan kelengkapan, khususnya laser dan metode otomasi, bisa melumpuhkan bengkel dan menghentikan produksi selama berminggu-pekan.

Tujuan dasar tata letak merupakan untuk mempertimbangkan kelancaran aliran profesi, material, suku cadang, dan berita via suatu metode. Memahami aliran lantai kios Anda secara keseluruhan bisa menolong material bergerak secara efisien. Agenda keperluan material (MRP) yang tepat sasaran bisa berbuat seperti metode penentuan posisi global (GPS). Ketika lalu lintas menjadi padat, pengerjaannya bisa dialihkan dan disesuaikan untuk mempertimbangkan suku cadang Anda tiba di tujuan ideal waktu.

Cek Juga: Harga Mesin Laser

2. Pemeliharaan

Perlu ditekankan bahwa kalau mesin Anda tak dirawat atau berprofesi dengan benar, segala pelaksanaan bisa awut-awutan dalam sekejap. Untuk sebagian perakit, perawatan laser diberi. Bagi yang lain, perawatan laser tak menonjol, di luar pikiran. Seringkali perakit merasa lebih tertekan untuk mempertahankan waktu kerja ketimbang menjadwalkan waktu henti untuk pemeliharaan. Tak hingga mereka mengalami problem dengan kecepatan atau keakuratan barulah mereka masuk ke mode pemecahan problem.

Sekiranya Anda tak mencontoh kesibukan pemeliharaan yang direkomendasikan, seperti itu terjadi problem, operator kelengkapan tak akan produktif. Sejumlah variabel bisa menyebabkan problem, dan waktu pemotongan produktif yang berharga sirna ketika pencarian penyebabnya berlangsung.

Ketika ini laser sedang diproduksi untuk mempermudah Anda menjalankan perawatan yang sehat. Semisal, pengontrol dengan daftar komplit alternatif perawatan bisa dibangun ke dalam mesin laser. Anda bisa menjadwalkan dan mempertimbangkan metode pemeliharaan yang pantas dengan jadwal produksi Anda. Pengontrol juga menaruh catatan, tanggal, dan data historis untuk acuan pesat di masa akan datang.

3. Pemrograman

Pemrograman material otomatis dan penanganan suku cadang betul-betul penting untuk efisiensi bengkel. Dengan diperkenalkannya laser serat dan keperluan untuk menggandakan atau malahan melipatgandakan produksi, otomatisasi menjadi penting. Kios yang mengungkap lembaran potongan secara manual bisa mempunyai hasil yang betul-betul berbeda dari kios yang memakai metode otomatis.

Di tahun-tahun sebelumnya, pengembang perangkat lunak pemrograman memakai algoritme yang mengumpulkan komponen-komponen dengan limbah sesedikit mungkin. Penghematan materi berarti lebih banyak uang tersisa di saku kios kerja atau pabrik. Dalam banyak kasus, ini sudah berubah.

Sarang laser sepatutnya menjaga integritas ketika diungkap secara otomatis sehingga bisa dibantah secara tepat sasaran di lokasi yang berbeda. Hal ini khususnya berlaku dalam kasus di mana gerobak berkapasitas tinggi dipakai, sebab tumpukan lembaran yang dipotong bisa menjadi komponen dan potongan yang kusut. Kian cerdas tab dipakai dan penghancuran siput dikerjakan, kian pesat komponen-bagiannya bisa dilepas dengan benar.

Simak Juga: Laser Cutting Besi

4. Otomasi

Kemajuan teknologi terus memberikan alat yang lebih bagus untuk meningkatkan dan mempertahankan efisiensi. Sesudah Anda mengembangkan tata letak kios Anda dan menjalankan pemeliharaan serta pemrograman, Anda siap untuk melangkah menuju otomatisasi laser.

Sekiranya laser industri Anda yang berdiri sendiri bisa dioperasikan dengan efisiensi 50 persen (paling tak jarang disebut beam-on), Anda melaksanakannya dengan betul-betul bagus. Waktu beam-on yang paling lazim untuk campuran material rata-rata berkisar antara 30 dan 40 persen secara historis. Melainkan laser Anda dapat lebih dari itu. Menambahkan metode otomatisasi bongkar muat yang betul-betul dasar bisa meningkatkan waktu beam-on Anda sampai lebih dari 80 persen.

Pembongkaran gerobak standar mewujudkan kemacetan denesting yang bisa menunda komponen dalam tiba di hilir.

Konveyor menjadi betul-betul populer sebab memungkinkan denesting terjadi pada kecepatan yang sama seperti produksi. Ini memungkinkan Anda bereaksi lebih pesat kepada problem produksi, memberikan lebih banyak waktu untuk operasi hilir.

5. Pemantauan Produksi

Untuk membikin peningkatan yang berarti pada aliran suku cadang laser Anda, Anda sepatutnya memahami dan melacak seluruh profesi Anda tiap-tiap ketika. Statistik seperti waktu beam-on, penundaan transit, kemacetan pelaksanaan, dan malahan jadwal pemeliharaan perlu dilacak sehingga Anda bisa menempuh peningkatan yang berkelanjutan.

Sebagian kelengkapan pemotongan laser kini bisa dilengkapi dengan alternatif pemantauan produksi. Metode dukungan dan pemantauan produksi yang kuat sepatutnya dirancang untuk memberikan transparansi pada pelaksanaan pemesinan Anda di mana saja, kapan saja. Ragam metode ini memungkinkan Anda untuk menerima jalan masuk waktu kongkret ke sejumlah besar data via desktop atau perangkat seluler Anda.

Kunjungi Juga: Mesin Laser Cutting