Langkah Keamanan Kantor Untuk Menjaga Tempat Kerja Anda Supaya Tetap Aman

Masalah keamanan yang sering Anda dengar hari ini mungkin adalah  keamanan cybersecurity. Ya, ini adalah masalah yang serius. Tetapi jangan lupa bahwa Anda juga perlu memiliki langkah-langkah keamanan untuk melindungi kantor Anda.

Kemajuan teknologi telah membuat keamanan fisik lebih mudah diakses untuk dikelola daripada sebelumnya. Faktanya, pasar keamanan fisik diperkirakan akan terus tumbuh hingga senilai $292,4 miliar pada tahun 2025.

Tetapi menyusun langkah-langkah keamanan kantor yang baik tidak sesederhana yang Anda pikirkan. Jika Anda belum pernah melakukannya sebelumnya, maka ada banyak hal yang perlu Anda pelajari. Berikut adalah tujuh hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keamanan bangunan Anda.

1. Gunakan Kontrol Akses

Jika bisnis Anda bukanlah sebuah toko, Anda tidak boleh sembarang membuka pintu untuk siapa pun. Satu-satunya orang yang seharusnya memiliki akses ke kantor Anda adalah anggota tim Anda.

Mulailah dengan menerapkan kontrol akses ke kantor Anda dengan memberikan kunci kepada karyawan Anda untuk mengakses area mana pun di dalam gedung Anda. Yang perlu mereka lakukan hanyalah menggesek kartu akses, dan mereka akan bisa masuk ke gedung Anda.

Jika Anda ingin melangkah lebih jauh, Anda dapat memberikan tingkat akses yang berbeda, tergantung pada peran karyawan Anda. Melakukan ini memastikan bahwa tidak ada yang bisa masuk ke area yang seharusnya tidak mereka miliki.

Jika Anda berencana memiliki pengunjung, maka Anda masih dapat memiliki lobi. Yang harus Anda lakukan adalah mengamankan area di belakang lobi alih-alih pintu depan Anda.

2. Dapatkan Pencahayaan Anda dengan Benar

Salah satu cara terbaik untuk mencegah pencurian adalah dengan bersikap proaktif terhadapnya. Orang yang melakukan perampokan tidak ingin terlihat. Jika Anda membuatnya terlihat, maka itu dapat menyebabkan mereka berpikir dua kali untuk menyerang karyawan Anda saat mereka bepergian ke mobil mereka.

 

Jika Anda tidak ingin menerangi bagian luar gedung Anda setiap saat, Anda dapat menggunakan lampu gerak. Satu-satunya waktu lampu ini menyala di malam hari adalah ketika salah satu sensornya mendeteksi gerakan.

Jika Anda ingin melangkah lebih jauh, pastikan kamera keamanan yang Anda miliki di luar menyala. Pencuri potensial Anda harus tahu bahwa ada cukup cahaya untuk menangkap mereka di kamera.

3. Kunci Ruang Server Anda

Jika Anda memiliki server fisik di kantor Anda, Anda perlu memastikan mereka memiliki ruang sendiri. Sebagian besar bisnis memiliki ruangan terpisah yang dikunci dan didinginkan secara terpisah dari sisa bangunan. Satu-satunya orang yang memiliki akses ke ruangan ini adalah staf TI Anda.

Mengunci ruang server Anda berarti tidak ada yang bisa mendapatkan akses fisik ke data Anda yang paling sensitif. Sering kali, nama pengguna dan kata sandi tidak terlalu berarti jika Anda memiliki akses fisik ke komputer. Anda dapat menggunakan drive USB untuk mengubah kata sandi dan boot ke sistem operasi lain.

Menempatkan otak organisasi Anda di balik pintu yang terkunci akan menghentikan hal ini terjadi.

4. Lindungi Salinan Kertas

Tidak semua bisnis mampu untuk go digital. Ini berarti Anda mungkin memiliki data sensitif yang tergeletak di sekitar kantor.

Jika Anda berada dalam situasi ini, pastikan untuk berinvestasi di lemari arsip dan menguncinya. Melakukan hal ini akan membantu menghentikan orang agar tidak dapat mengakses data sensitif. Jika seseorang mencoba masuk, mereka harus mampu membuka kunci dengan cepat.

Anda juga perlu melindungi informasi di atas kertas yang Anda buang. Jika Anda sudah selesai dengan dokumennya, investasikan di mesin penghancur kertas yang bagus. Menjalankan informasi sensitif melalui mesin penghancur akan menghentikan orang yang menggali sampah Anda untuk menemukan hal-hal yang tidak seharusnya.

5. Mengatur Pengawasan

Bahkan jika Anda memiliki sistem otentikasi yang berfungsi untuk mengakses gedung Anda, itu tidak berarti tidak mungkin untuk menyelinap masuk. Tidak ada sistem yang sangat mudah.

Anda dapat memerangi ini dengan memasang sistem pengawasan di kantor. Jika seseorang menyelinap masuk di siang hari, orang yang memantau video Anda akan dapat menemukannya dan mengambil tindakan.

Pengawasan juga akan membantu jika seseorang menyelinap dalam semalam. Banyak kamera memiliki deteksi gerakan. Jika ada sesuatu yang memicu sistem keamanan, peringatan akan dikirimkan kepada Anda untuk ditindaklanjuti.

6. Latih Karyawan Anda

Prosedur keamanan Anda tidak berarti apa-apa jika karyawan Anda tidak tahu apa itu atau bagaimana menggunakannya. Anda perlu berinvestasi dalam pelatihan untuk memastikan semua orang tahu apa yang harus dilakukan.

Pelatihan Anda akan bergantung pada jenis bisnis yang Anda jalani. Misalnya, toko ritel ingin melatih tim mereka tentang apa yang harus dilakukan selama perampokan. Apakah Anda ingin mereka memprioritaskan memanggil polisi atau memberikan segalanya kepada perampok?

Sebuah gedung perkantoran akan membutuhkan prosedur tentang apa yang harus dilakukan jika seseorang masuk ke gedung yang seharusnya tidak ada. Siapa yang Anda hubungi dan apa yang harus Anda lakukan saat mereka ada di sana?

7. Bicaralah dengan Pakar Keamanan

Tentu, Anda bisa mengambil kesempatan dan berharap tidak ada masalah keamanan di kantor Anda. Tetapi mengapa melakukan itu ketika masalah keamanan dapat menghabiskan lebih banyak uang daripada jika Anda ingin mengamankan kantor Anda?

Bahkan jika Anda mengambil langkah-langkah keamanan di atas, masih mudah untuk melewatkan detail kecil. Pakar keamanan dapat melihat sistem keamanan Anda dan memberi tahu Anda hal-hal yang perlu diperbaiki. Satu pembayaran di muka yang rendah dapat menghemat lebih banyak uang di masa mendatang.

Juga bijaksana untuk berbicara dengan pengacara tentang tanggung jawab yang Anda miliki untuk menjaga keamanan tim Anda. Firma hukum bisnis ini dapat memberi tahu Anda detail yang perlu Anda ketahui.

Cek Juga: Jasa Keamanan Satpam