Apa itu Cloth Tape?

Mirip dengan gaffer tape dan lakban tradisional, cloth tape adalah lakban pelindung tugas berat dengan alas kain yang dilaminasi atau dilapisi. Jenis lakban ini awalnya dikembangkan untuk menyegel sambungan di saluran sistem pemanas dan pendingin udara. Oleh sebab itu, lakban kain ini memiliki ketahanan dan daya rekat tinggi yang diperlukan untuk memberikan perlindungan yang andal saat kondisi menjadi sangat sulit.

Pengguna Cloth Tape

Oleh karena ketahanan dan daya rekatnya yang tinggi, itu membuatnya menjadi salah satu aplikasi utama di pasar otomotif sebagai perlindungan tepi selama proses abrasif – baik pengamplasan tangan maupun pengamplasan mesin atau sand blasting. Ini juga digunakan sebagai lakban serba guna di seluruh bidang kelautan, luar angkasa, dan domestik. Di atas segalanya, terlepas dari kekuatan dan daya rekatnya, cloth tape mampu memberikan pelepasan yang bersih dan bebas masalah setelah pekerjaan selesai. Tidak ada residu perekat yang tertinggal, sehingga para profesional bengkel dapat bergerak langsung dari pengamplasan ke pengecatan, tanpa penahan yang disebabkan oleh kebutuhan untuk membersihkan sisa dari permukaan.

Baca Juga: Stationary Tape

Fakta Menarik Tentang Cloth Tape

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik seputar cloth tape.

1. Terbuat dari Kain Katun
cloth tape, menggunakan bahan dasar berupa kain, namun lebih tepatnya kain katun. Adapun cloth tape mempunyai tiga lapisan, yaitu lapisan plastik dari resin polietena di komponen paling luar, diikuti dengan kain katun di komponen tengah. Sementara pada komponen bawahnya, terdapat lapisan dari bahan perekat berbasis karet. Perpaduan tiga lapisan ini pun menciptakan cloth tape yang fleksibel, anti air, licin, serta lengket dalam waktu yang lama.

2. Biasa Digunakan untuk Menjilid
Siapa yang tidak kenal dengan lakban hitam yang banyak diterapkan untuk menjilid buku ataupun kertas? Semua pasti pernah menggunakan lakban hitam untuk menjilid tugas ataupun pekerjaannya. Yap, lakban hitam ini termasuk dalam jenis lakban kain, yang umumnya diterapkan oleh penyedia jasa fotokopi. Adapun alasan dibalik dipilihnya lakban kain untuk menjilid adalah karena sifatnya yang lebih kokoh dibandingkan lakban lain dan tahan terhadap air, sehingga ini banyak diterapkan juga untuk mengepak atau membungkus barang.

Cek Juga: Selotip Aluminium

3. Biasanya Berwarna Hitam
Seperti yang telah dijelaskan, lakban kain yang dipakai untuk mengemas barang atau menjilid tugas sekolah ataupun buku pada lazimnya mempunyai warna hitam. Walaupun demikian, cloth tape ada juga yang berwarna hijau atau biru. Ukurannya pun beragam, mulai dari besar hingga kecil. Lakban kain juga diketahui awet, tetapi tetap bisa sobek.

4. Tahan Terhadap Air
Cloth tape dibuat dari pelbagai material sehingga menghasilkan daya rekat yang kuat dan tahan terhadap air. Adapun cloth tape mempunyai tiga lapisan, yaitu lapisan plastik dari resin polietena di komponen paling luar, diikuti dengan kain katun di komponen tengah. Sementara pada komponen bawahnya, terdapat lapisan dari bahan perekat berbasis karet. Perpaduan tiga lapisan ini pun menciptakan cloth tape yang luwes namun tetap kaku, anti air, lengket dalam waktu yang lama, dan lebih tahan dalam temperatur tinggi.

Sumber: Cloth Tape